Merawat bulu Anjing

Groming pada anjing mampu mengurangi bulu yang kusut dan menggumpal. Berikut langkah-langkah merawat bulu anjing :
  • Berlututlah disamping anjing atau letakkan anjing diatas meja.
  • mulailah dengan mengangkat bulu yang rontok dan kusut dengan menggunakan sikat slicker atau sikat pin. Penyikatan dimulai dari bagian kepala hingga ke ekor.
  • Untuk bulu yang kusutnya parah, gunakan conditioner rambut yang dibuat khusus untuk anjing. Perlahan sisir atau sikat daerah yang kusut.
  • Setelah bulunya rata, berikan sikatan terakhir dengan sikat brisel atau sisir bergigi renggang
  • untuk anjing berambut panjang, gunakan gunting untuk memangkas bagian cakar pada kaki belakang.

Merawat Bulu Pada Anjing Berbulu Pendek
Golden retriver adalah salah satu jenis anjing berbulu pendek (short coat). anjing jenis ini mengalami rontok bulu sekali dalam setahun, tergantung pemanasan pusat(central heating). Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab bulu pengganti tumbuh lebih lebat dua kali dalam setahun. Untuk merapikan bulunya agar mengkilap, Anda dapat menggunakan slicker brush di seluruh tubuhnya. Kemudian, gunakan sikat bulu untuk mengangkat debu serta bulu yang rontok. Setelah itu, gunakan sisir untuk bulu yang lebih panjang seperti bulu ekor.

Merawat Bulu Pada Anjing Berbulu Halus
Salah satu jenis anjing berbulu halus (smooth coat) adalah chihuahua. Biasanya, anjing jenis ini mengalami rontok bulu duakali dalam setahun. Bulu pada anjing jenis ini harus disikat secara rutin untuk mengangkat bulu-bulu yang rontok. Gunakan sikat bulu (bristle brush) pada seluruh tubuh anjing. Setelah itu, Anda bisa menggunakan chamois leather untuk memberikan kesan mengkilap pada bulunya. Sampai saat ini, masih sangat sedikit jenis conditioner untuk kulit anjing yang bisa mengkilapkan jenis anjing berbulu halus ini.

Merawat Bulu Pada Anjing Berbulu Panjang
Salah satu jenis anjing berbulu panjang (long coat) adalah Shih Tzu. Jenis anjing ini memiliki bulu panjang di bagian luar, tetapi bulu bagian dalamnya tebal dan lembut serta mudah kusut. Untuk itu, bulu anjing jenis ini harus dirawat setiap hari dan harus rutin di-grooming. Jika anjing jenis ini rontok bulu, menanganinya lebih mudah karena bulu yang rontok langsung menggumpal berbentuk bola bulu. Anda bisa menggunakan slicker untuk merapikan bulu bagian dalam yang kusut. Namun menanganinya jangan terlalu kasar agar bulu yang sehat tidak ikut tercabut. Untuk anjing berbulu panjang, sediakan cukup banyak grooming spray untuk membantu Anda merapikan bulu anjing yang kusut. Gunakan pin brush untuk memeriksa ada tidaknya kotoran dalam bulu anjing yang tidak tampak dari luar. Gunakan sisir bergerigi lebar untuk merapikan bulu pada bagian kaki dan ekor. jika dibutuhkan, Anda juga bisa mencukur bulu panjang yang tumbuh di bagian kaki dengan menggunakan gunting berujung bulat (roundended scissors).

Merawat Bulu Pada Anjing Berbulu Kasar
Schnauzer adalah jenis anjing berbulu kasar (wiry coat). Untuk memberikan perawatan anjing jenis bulu ini, Anda membutuhkan bantuan seorang profesional (grooming salon). Anda bisa minta petunjuk cara perawatannya. Hal ini karena Anda harus melakukan stripping yaitu menarik keluar bulu yang rontok dengan menggunakan tangan atau pisau stripping. Jenis anjing ini membutuhkan perawatan bulu setiap hari dengan menggunakan pin brush agar bulunya tidak kusut.

Merawat Bulu Pada Anjing Berbulu Keriting
Contoh anjing berbulu keriting (curky coat) adalah Poodle. bulu jenis ini bersifat anti-air (waterproof) dan tidak mudah rontok. Setiap dua bulan sekali, sebaiknya anjing jenis ini dimandikan dan digunting bulunya agar rapi. Bulu harus disisir tiap hari agar tampak rapi.

Merawat Bulu Pada Anjing Berbulu Lembut
Yorkshire terrier adalah salah satu jenis anjing berbulu lembut (silky coat). Bulu anjing jenis ini membutuhkan perawatan setiap hari. Anda bisa memulainya dengan menggunakan slicker untuk merapikan bulu yang kusut. Namun, untuk menanganinya jangan terlalu kasar agar bulu yang sehat tidak ikut tercabut. Pada saat bulu yang kusut selesai dirapikan, gunakan sikat bulu (bristle brush) untuk memberikan kesan bersinar pada bulu anjing Anda. Kemudian, sisir bulu pada punggung anjing membelah dua sama sisi dengan menggunakan sisir bergerigi lebar. Potong dan rapikan bulu yang tumbuh terlalu panjang di bagian kaki. Jika Anda memiliki jenis Yorkshire terrier, gunakan pita untuk menghias dan mengikat jambul agar tidak mengenai mata.



luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com