Cara memandikan Anjing

Bagi anjing, mandi merupakan keharusan. Tujuan memandikan anjing adalah menghilangkan kutu-kutu yang biasa bersarang di bulu, membuat bulu-bulu tidak lengket dan berbau, serta untuk menjaga kesehatan kulit. Anjing yang rutin dimandikan bulunya menjadi bersih, mengembang, tidak berau apek dan bebas kutu. Frekuensi memandikan anjing tergantung pada jenisnya, anjing berbulu pendek cukup mandi dua minggu sekali, sedangkan anjing berbulu panjang seminggu sekali.


Dalam memandikan anjing yang perlu dipersiapkan adalah air hangat, sampo khusus anjing, sikat mandi, handuk, hairdryer, dan sisir. Langkah- Langkah memandikan anjing sebagai berikut :
  • Sisirlah bulu-bulu anjing agar bulu-bulu tua dan kusut terlepas. Jika kelihatan ada kutu atau pinjal yang menempel segera ambil menggunakan pinset

  • Basahi atau siram bulu-bulu anjing dengan air hangat secara merata. Lipat kedua telinga ke bawah saat menyiram bagian kepala agar air tidak masuk ke dalam telinganya.

  • Usapkan sampo sedikit demi sedikit dari kepala sampai ekor dan gosok menggunakan washlap hingga berbusa. Kemudian menggunakan sikat nandi, sikatlah bulu-bulu anjing berlawanan arah tumbuhnya agar kulit dan bulu tercuci sempurna. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar busa sampo tidak mengenai mata anjing.

  • Setelah itu, bilas dengan ait hangat sampai busa sampo tak tersisa, jika dirasakan bulu masih kotor anjing bisa diberi sampo lagi dan dibilas sampai bersih dan benar.

  • Keringkan bulu-bulu anjing menggunakan handuk jika handuk sudah basah dan bulu masih basah, gunakan handuk lainnya yang masih kering. Pastikan bulu-bulu anjing kering dengan benar.

  • Pengeringan selanjutnya menggunakan hairdryer dengan tingkat panas yang sedang. Saat dikeringkan tersebut sisirlah bulu anjing dengan arah berlawanan tumbuhnya, sehingga bulu anjing kering tetapi tidak kusut
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com